PANDUAN UNTUK PENULIS PAPER MUNAS II AFEB , SEMNAS, DAN CALL FOR PAPER


PANDUAN UNTUK PENULIS PAPER
MUNAS II AFEB , SEMNAS, DAN CALL FOR PAPER

Topik Paper :
Topik paper berupa artikel penelitian atau artikel konseptual untuk bidang akuntansi, manajemen, ekonomi pembangunan, dan ekonomi syariah.

Tanggal Penting :
Penerimaan Paper Lengkap (Full Paper)
1 September
– 24 November 2018
Seleksi Paper
26 – 30
November 2018
Pengumuman Paper Diterima
6 Desember 2018
Presentasi Paper
13 Desember 2018

Publikasi :
Artikel yang lolos seleksi untuk presentasi akan dibukukan dalam Book of Abstract ber-ISBN. Artikel terbaik di masing-masing bidang ilmu akan disalurkan pada jurnal terakreditasi atau jurnal berbasis OJS.

Format penulisan adalah sebagai berikut :
a.  Naskah artikel yang diterima adalah naskah artikel hasil penelitian dan tidak menerima artikel hasil konseptual

b.    Naskah diketik 1,5 spasi (kecuali abstrak 1 spasi) pada kertas A4, dalam program MS Word menggunakan jenis font Times New Roman 12.

c.    Tabel dan gambar harus diberi nomor secara berurutan sesuai dengan urutan kemunculannya, judul tabel dan gambar, serta sumber yang jelas. Tabel yang berupa hasil atau output program komputer tidak boleh disajikan dalam bentuk asli. Tabel menggunakan font Time New Roman 11. Tulisan “Tabel” berada di atas tabel yang adadan tulisan “Gambar” berada di bawah gambar yang dimaksud.

d.    Batas pengetikan atau susur (margin) atas 3 cm, susur bawah 2 cm, susur kiri 3 cm dan susur kanan 2 cm. Setiap alinea baru masuk (hanging indentation)1 cm, kecuali untuk keterangan/penjelasan dari sistem penomoran.

e.    Jumlah halaman naskah antara 15–20 halaman (termasuk daftar pustaka, tabel, dan gambar).
 

Naskah terdiri atas:
a.    Judul naskah maksimum 15 kata, ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris tergantung bahasa yang digunakan untuk penulisan naskah lengkapnya. Format penulisan judul naskah seperti piramida terbalik.
Contoh :
STRUKTUR AUDIT SEBAGAI PEMODERASI PENGARUH LOCUS OF
CONTROL
DAN KONFLIK PERAN TERHADAP KINERJA AUDITOR
1.      Judul naskah diupayakan dibuat berbeda dengan judul hasil penelitian dari skripsi, tesis, disertasi atau hasil penelitian lainnya.

2.      Nama penulis ditulis di bawah judul tanpa disertai gelar akademik maupun jabatan. Di bawah nama penulis dicantumkan instansi tempat penulis bekerja.
Jika penulis berjumlah lebih dari 1 orang dan berasal dari institusi yang sama, maka alamat institusi ditulis satu kali saja.
3.      Abstrak ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris tidak lebih dari 300 kata diketik 1 (satu) spasi. Abstrak harus berisi intisari tulisan yang terdiri atas: tujuan penelitian, metode, dan hasil analisis data, disertakan pula kata kunci (antara 3 – 5 kata).
b.    Sistematika penulisan naskah artikel, dari :

      Judul,

      Nama penulis (tanpa gelar akademik)

      Nama institusi, alamat institusi, dan alamat email penulis

Abstrak

1.      Pendahuluan (yang berisi latar belakang permasalahan atau research gap, state of the art, penelitian sejenis yang telah dilakukan, keterbaruan, teori yang mendukung, hipotesis (jika ada) dan tujuan penelitian)

2.      Metode penelitian (yang berisi jenis penelitian, fokus penelitian, definisi operasional dan indikator, teknikpengumpulan data, analisis data)

3.      Hasil penelitian dan diskusi (berisi tentang uraian hasil penelitian, bagaimana hasil penelitian dapat menjawab rumusan masalah, keterkaitan hasil penelitian dengan penelitian terdahulu dan teori dasar, dan bagaimana implikasi hasil penelitian terhadap kajian teoritik dan praktik)

4.      Simpulan, saran, dan keterbatasan penelitian

5.      Daftar pustaka (hanya untuk referensi yang ada di naksah artikel)




Ketentuan penulisan kutipan; kutipan dalam teks ditulis di antara tanda kurung buka dan kurung tutup ( ), yang menyebutkan nama akhir penulis dan tahun, seperti berikut :

a.       1 sumber kutipan dengan satu penulis (Jones, 1987:23).

b.      1 sumber kutipan dengan jumlah penulis kurang dari 4 orang (Jones, Forsyth dan Freeman, 1993:11).

c.       1 sumber kutipan dengan lebih dari 4 orang penulis (Jones dkk, 1995) atau (Jones et al, 1995).

d.      2 sumber kutipan dengan penulis yang berbeda (Jones, 1995; Freeman, 1993).

e.       2 sumber kutipan dengan penulis yang sama (Jones, 1993:16; 1995:74), jika tahun publikasinya sama (Jones 1993a; 1993b).

f.        Sumber kutipan berasal dari pekerjaan suatu institusi disebutkan akronim institusi yang bersangkutan (AMA, 1999).

g.      Sumber kutipan merupakan hasil mengunduh atau mengakses suatu website (www.sosro.com, 2010).

Ketentuan penulisan daftar pustaka; semua artikel harus memuat daftar pustaka dengan ketentuan penulisan sebagai berikut:

1.       Daftar pustaka disusun alfabetis sesuai dengan nama penulis atau nama institusi.
2.       Susunan penulisan terdiri nama penulis, tahun publikasi, judul jurnal atau buku teks, alamat URL atau kota,penerbit.

Contoh :
http://www.marsnewsletter.wordpress.com. Diakses pada tanggal 7 Mei 2015.
American Accounting Association Committee on Concept in Standart for ExternalFinancial Report. 1997. Statement on Accounting Theory and Theory Acceptance. Sarasota. FL: AAA.
Arikunto, Suharsimi. 2000.Manajemen Penelitian. Edisi Baru.Jakarta: PT Rineka Cipta.
Batra, Rajeev dan Pemela Miles Homer. 2007. The Situational Impacct of Brand Image Beliefts. Journal of Consumer Psychology 14(3). Pp. 318-330. University of Michigan.
Hermawan, Sigit dan Amirullah. 2016. Metode Penelitian Bisnis. Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. MNC Publishing. Malang.
Osborne, J.W. and Amy Overbay. 2004. The Power of Outliers (and Why Researchers Should Always Check for Them). Paper of Practical Assessment, Research &
Evaluation 9(6) Volume 9 Februari. Available from URL:http://PAREonline.net/getvn.asp?v=9&n=6. Accessed January 2012.

Pengiriman Artikel
Artikel dikirim ke email: munasafeb2018@gmail.com



Komentar